Alice From Zombieland

Jakarta - Selain virus lokal Annie yang banyak memakan korban, tahun 2013 juga ditandai dengan penyebaran virus Alice yang terdeteksi oleh G Data Antivirus sebagai Generic.ScriptWorm.8730EFFC yang membuat sakit kepala pengguna komputer.

Tidak diketahui apa alasan pembuat virus ini memilih nama Alice, apakah Alice yang dimaksud adalah Alice yang imut-imut dari kisah Alice from Wonderland atau Alice yang galak, pembasmi Zombie dari Resident Evil?


Walaupun pada dasarnya memiliki payload yang mirip, namun banyak aksi yang dilakukan oleh Alice berbeda dengan yang dilakukan Annie. Salah satu yang mencolok adalah Alice tidak membuat shorcut sebagai sarana penyebarannya.




G Data mendeteksi Alice sebagai Generic.ScriptWorm.8730EFFC


Informasi File induk


Virus ini dibuat dengan menggunakan program bahasa VBScript dengan ukuran 1 kb lebih kecil dibandingkan saudara jauhnya (annie.sys) yakni sekitar 8 kb dan untuk mempersulit analisa, ia akan mengenkripsi file tersebut.


Berikut ciri-ciri file virus Alice

-. Mempunyai ekstensi file *.VBE (VBScript Encoded Script File)

-. Mempunyai ukuran 8 KB

-. Mempunyai icon VBScriptNext


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!