PlayStation 4 Bermasalah, Ini Tips dari Sony

Jakarta - Sejumlah gamer pemilik konsol PlayStation 4 melaporkan masalah serius BLOD--Blue Light of Death. Sony pun tak mau tinggal diam dan buru-buru memberikan tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Seperti halnya ancaman RROD (Red Ring of Death) pada Xbox 360 dan YLOD (Yellow Light of Death) di PlayStation 3, kejadian BLOD juga mengakibatkan konsol game PS4 ini tak dapat menampilkan apapun pada layar monitor atau televisi.


Pada banyak kasus, kejadian macam ini umumnya terjadi akibat kegagalan hardware karena peningkatan suhu yang melebihi ketahanan komponen yang digunakan dalam konsol game. Biasanya hal ini terjadi setelah konsol game digunakan dalam waktu yang terlampau lama.


Untungnya, Sony selaku produsennya tidak menutup mata. Seperti detikINET kutip dari Hot Hardware, Rabu (20/11/2013), produsen asal Jepang ini pun menyodorkan beberapa tips yang dapat dicoba saat masalah BLOD terjadi.


Yang pertama adalah memastikan kabel HDMI yang digunakan. Pasalnya, masalah kompatibilitas kabel yang digunakan, disebut-sebut sebagai salah satu sumber masalah utama.


Lalu, cara kedua adalah dengan menekan tombol power PS4 selama tujuh detik yang artinya mematikan total PS4. Dilanjutkan dengan melepas seluruh kabel power dari sumber listrik. Setelah menunggu beberapa saat, gamer dapat mencoba menghidupkan PS4 kembali.


Cara ketiga adalah dengan cara melepas hardisk PS4 untuk memastikan konsol ini tak bermasalah. Sedangkan yang terakhir adalah cara tersulit, yakni dengan cara mengakses safe mode PS4 dan mengubah beberapa parameter yang ada.


Sayangnya, Sony tidak menjamin tips ini bakal benar-benar mampu mengatasi permasalahan BLOD. Bila semua tips yang diberikan tidak berhasil, Sony pun menyarankan agar gamer segera membawa konsol PS4 miliknya ke service center Sony.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!