Prosesor Canggih untuk Gamer Berkantong Cekak

Jakarta - AMD tengah menyiapkan prosesor murah dengan dukungan teknologi yang tak kalah canggih. Prosesor ini cocok untuk gamer yang ingin merasakan kelebihan AMD Mantle dengan dana terbatas.

"Nanti, pengguna prosesor APU AMD pun akan dapat merasakan peningkatan performa yang disodorkan AMD Mantle," ujar Alva Jonathan, PC Tech Entusiast yang dihadirkan AMD dalam acara AMD Media Day di Highland Park Resort, Bogor, akhir pekan ini.


Perkembangan teknologi prosesor APU--Accelerated Processing Unit, besutan AMD memang terbilang massif.


Setelah meluncurkan jajaran prosesor APU terbaru yang diklaim mampu menyodorkan performa yang lebih baik, namun dengan tingkat konsumsi daya yang rendah, AMD disebut-sebut tengah mengembangkan prosesor APU terbaru yang bakal mendukung implementasi platform API (Application Programing Unit) terbaru AMD Mantle.


Kuat diisukan memiliki sandi Kaveri, prosesor APU ini diprediksi akan dibekali oleh GPU (Graphics Processing Unit) yang telah disematkan teknologi GCN (Graphics Core Next) di dalamnya.


Sebagai informasi, platform API AMD Mantle memang disiapkan hanya akan berjalan optimal pada kartu grafis berteknologi GCN.


Sayangnya, belum jelas kapan prosesor terbaru ini akan diluncurkan. Namun sejumlah rumor mengatakan Kaveri, nama sandi prosesor tersebut, akan diumumkan sekitar kuartal kedua atau ketiga 2014 mendatang.


Bila akhirnya diluncurkan, pastinya Kaveri bakal memberikan keuntungan tersendiri bagi gamer dengan dana terbatas yang ingin merasakan kelebihan AMD Mantle. Namun bila dibandingkan dengan penggunaan kartu grafis tersendiri, tentunya performanya tetap akan tertinggal cukup signifikan.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!