Kapan Candy Crush, Path, Instagram Bisa Jalan di BlackBerry?

Jakarta - Minimnya aplikasi populer seperti Candy Crush, Path, dan tentunya Instagram, menjadi salah satu alasan turunnya popularitas BlackBerry. Dengan update sistem operasi baru di BlackBerry 10, kabarnya keinginan itu bisa segera terwujud.

BlackBerry telah memperkenalkan OS BB 10 terbarunya, versi 10.2. Namun sayangnya, untuk sementara ini, operating system anyar ini masih ekslusif untuk seri premium BlackBerry Z30 saja. Sementara untuk tiga smartphone sebelumnya, Z10, Q10, dan Q5, masih harus menunggu.


"Harusnya tak lama lagi, 10.2 sudah di tangan operator. Tinggal menunggu approval saja. Jadi sementara ini, masih ekslusif di Z30 dulu karena spesifikasinya memang yang paling menunjang untuk experience OS baru," papar Ardo Fadhola, Senior Product Manager BlackBerry South East Asia.


Namun, versi 10.2 itu ternyata bukan satu-satunya update OS yang disiapkan BlackBerry. Vendor asal Kanada ini juga tengah menyiapkan versi lanjutannya, 10.2.1.


Dalam bocoran versi OS ini (leaked version), game populer seperti Candy Crush, dan sejumlah aplikasi populer seperti Path dan Instagram, juga sudah bisa beroperasi dengan baik di handset BlackBerry 10.


Dengan OS ini, aplikasi tersebut diinstal menggunakan APK yang ada di Android. Sejumlah developer BlackBerry dari Indonesia pun telah ikut menjajalnya. Respon mereka, aplikasi ini cukup lancar dijalankan.


Dalam perbincangan dengan detikINET di sela peluncuran Z30 di Jakarta, pihak BlackBerry sendiri belum mau memberikan klarifikasi resmi akan aplikasi Android yang sudah bisa langsung diinstal di handset BlackBerry 10, meski hal ini juga tak dipungkirinya.


Dalam bocoran OS 10.2.1 ini, sejumlah perbaikan coba ditawarkan BlackBerry. Misalnya saja dari menu drag drop, di situ ada sejumlah fitur baru seperti lampu senter, manajemen baterai, dan lainnya. Untuk flight mode kabarnya juga tengah dikembangkan agar bisa diaktifkan dalam satu sentuhan klik saja.


Semua kemudahan dalam fitur baru ini coba ditawarkan BlackBerry untuk mengejar ketertinggalannya dalam persaingan pasar smartphone yang masih dikuasai oleh iOS dan Android.


(rou/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!