iPhone 5S Punya Fingerprint, Samsung Bikin Pemindai Retina

Jakarta - Apple mulai mempopulerkan penggunaan fingerprint pada ponsel melalui iPhone 5S, langkah serupa kemudian diikuti HTC. Tapi Samsung tampaknya punya cara yang berbeda.

iPhone 5S memang bukan ponsel pertama yang memakai teknologi pemindai sidik jari, tapi kehadirannya seakan menjadi tren baru di industri gadget. Buktinya, HTC One Max juga diluncurkan dengan teknologi serupa.


Namun penggunaan fingerprint dengan alasan kemanan tampaknya tidak akan diikuti Samsung. Menurut situs Patent Bolt, Samsung baru saja mematenkan teknologi pemindai retina yang bisa dipakai pada ponsel.


Pemindai retina sendiri dipercaya lebih aman dari fingerprint. Proses pengenalan identitas juga diklaim lebih cepat, yakni kurang dari 2 detik.


Pengguna pemindai mata juga diklaim lebih nyaman dipakai karena tidak ada kontak fisik antara pengguna dengan smartphone mereka. Teknologi ini juga masih bisa bekerja dengan baik meski pemilik sedang mengenakan kacamata.


Seperti dikutip detikINET, Kamis (21/11/2013), sayangnya belum diketahui kapan teknologi ini bisa diimplementasikan ke dalam ponsel.



Artikel Terkait:

- 6 Fitur Unggulan iPhone 5S

- iPhone 5S vs Galaxy Note 3, Mana Lebih Baik?

- FotoINET: Warna-warni iPhone 5C dan 5S di September Ceria

(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!