Google Dukung File RAW di Kamera Android?

Jakarta - Nokia boleh jadi yang lebih dulu mengumumkan dukungan file RAW di ponselnya. Namun persaingan di ranah smartphone kian sengit dan sepertinya kemampuan tersebut akan dilakukan sang pesaing.

Adalah Google yang disebut-sebut bakal mengusung format RAW di kamera milik ponsel Android. Menurut laporan dari Ars Technica, seperti dikutip Rabu (11/20/2013), perusahaan ini mulai pengerjaan API pada Desember tahun 2012, namun sekitar sebulan silam, pengerjaan ini ditangguhkan.


File RAW sederhananya merupakan format foto 'mentah', yang tidak melalui pemrosesan apapun seperti yang ada di file .jpg, entah itu exposure, filter, dan lain-lain. Kamera smartphone pun umumnya hanya menghasilkan file JPEG.


Nah, salah satu keuntungan dari file RAW adalah, fotografer akan lebih leluasa menguatak-atik hasil bidikannya di software-software edit foto. Namun, file RAW yang tidak mengalami proses kompres ini dipastikan akan 'makan' banyak tempat di memori ponsel. Sebelumnya, camera RAW ini dihadirkan di Lumia 1520.


Adapun penawaran yang diketahui terdapat di API garapan Google yang belum resmi dirilis itu, termasuk dukungan mode burst dan face detection. Belum diketahui kapan dukungan tersebut benar-benar hadir di ponsel Android.


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!