'Selfie' Ditahbiskan Jadi Word of the Year Kamus Oxford

http://us.images.detik.com/content/2013/11/20/398/13111909361004celebselfi.jpgIst.


Jakarta - Anda gemar melakukan selfie? Ternyata penggunaan kata ini meningkat drastis, dan kamus Oxford pun menahbiskannya menjadi 'word of the year'.

Apakah itu selfie? "Sebuah foto yang diambil diri sendiri, biasanya diambil dengan smartphone atau webcam dan diupload ke situs media sosial," demikian deskripsi yang tertera di kamus yang berisi 600.000 kata tersebut.


Menurut editor Oxford Dictionary, julukan word of the year itu dilakukan setelah frekuensi pemakaiannya naik 17.000% selama 12 bulan terakhir.


Sebenarnya, kata selfie sendiri bukan 'barang baru', hanya saja memang pemakaiannya baru menyeruak sekitar setahun belakangan. "Hashtag #selfie muncul di situs berbagi foto Flickr di awal 2004, namun penggunanya tidak meluas sampai sekitar tahun 2012," jelas Judy Pearsall, editorial director.


Dikutip dari CBSNews, Rabu (20/11/2013), Selfie ditambahkan di versi online kamus Oxford pada Agustus lalu. Pentahbisan sebagai kata tahun ini melalui proses monitoring konten online dan pengumpulkan sekitar 150 juta kata berbahasa Inggris yang dipakai tiap bulannya.


Kata Selfie mengalahkan 7 kompetitor lain, termasuk twerk, schmeat dan bitcoin. Menariknya, selfie memicu lahirnya kata-kata anyar lain seperti belfie (foto bokong sendiri) hingga helfie (foto rambut sendiri).


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!