Fuji Xerox Edukasi Pasar Indonesia dengan Laser Printer

Jakarta - Bisnis laser printer masih sangat potensial di Indonesia. Pertumbuhannya pun masih stabil seiring dengan pangsa pasar yang terus bertambah. Fuji Xerox ingin terus mengedukasi pasar Indonesia dengan produk laser printernya.

"Hingga akhir 2013, ada 198.130 unit laser printer (semua merk) yang dikapalkan ke Indonesia," kata Teddy Susanto kepada wartawan dalam jumpa pers di Hotel JW Marriot Surabaya, Selasa (19/11/2013).


Country Sales Manager Fuji Xerox Printer Channel Asean Indonesia itu mengatakan, jumlah tersebut meningkat dari tahun 2012 yang sebesar 195.476 unit. Dan di tahun 2014, jumlah tersebut diproyeksikan meningkat lagi sebanyak 12% atau 222.366 unit.


Laser printer sendiri mempunyai 2 jenis yakni Single Function Printer (SFP) yang hanya berguna untuk mencetak saja dan Multi Function Printer (MFP) yang bisa mencetak, memindai, dan foto kopi. Untuk perbandingan jenis ini, SPF masih banyak digunakan ketimbang MFP dengan perbandingan 65:35.


"Untuk tahun 2013, masih banyak yang menggunakan monokrom ketimbang warna dengan perbandingan 90:10. Namun di tahun 2014, kami proyeksikan perbandingan itu menjadi 85:15," lanjut Teddy.


Di Indonesia, penggunaan laser printer masih sangat rendah. Masih banyak masyarakat Indonesia yang masih menggunakan printer ink jet dengan perbandingan 9:1. Di Indonesia printer ink jet memang tinggi tetapi secara pertumbuhan, laser printer lebih besar 3,5 kali daripada printer ink jet.


Teddy menerangkan bahwa pihaknya akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat Indonesia tentang keunggulan menggunakan laser printer. Teddy hanya ingin menunjukkan jika printer laser mempunyai lebih banyak keunggulan daripada printer ink jet baik dalam hal keekonomisan, kecanggihan, dan perawatan.


"Di negara maju perbandingannya justru terbalik, lebih banyak yang menggunakan laser printer daripada printer ink jet," ujar Teddy.


Untuk 6 printer seri 215 terbaru, Teddy menargetkan penjualan 18 ribu unit untuk monokrom dengan market share 9% dan 14 ribu unit untuk warna dengan market share 50%. Hingga tahun 2013 ini, Fuji Xerox sudah meluncurkan 32 varian produknya.


"Untuk 2014 kami belum tahu ada berapa banyak produk yang diluncurkan. Tetapi lazimnya dalam setiap tahun ada 4-10 unit produk yang diluncurkan," tandas Teddy. (iwd/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!