3 Jenius di Bursa Menristek

Jakarta - Kursi Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) tak kalah seksi dengan kursi menteri lainnya. Tiga orang jenius pun muncul sebagai kandidat lewat program Seleksi Menteri besutan Detikcom.

Mereka adalah Ilham Habibie, Yohanes Surya dan rektor Institut Teknologi Bandung, Akhmaloka.


Ilham Akbar Habibie, tentu sudah diketahui asal usul beliau dari nama yang dilekatkan. Ya, dia adalah anak pertama mantan Presiden RI Bucharuddin Jusuf Habibie.


Ilham lahir di Aachen, Jerman pada 16 Mei 1963. Memang, ia lahir dan besar di luar negeri. Namun di kondisi ini pula Ilham memiliki jalan lebar untuk menimba ilmu sebanyak mungkin.


Hasilnya, dia berhasil menjadi ilmuwan dan pengusaha, bahkan mendapat penghargaan dari pemerintah berupa Bintang Satyalancana Wira Karya dan Adikarsa Pemuda atas prestasinya.


Ilham suka macam-macam buku. Selain buku teknik dan bisnis, jebolan Ph.D dengan predikat summa cum laude dari Technical University of Munich, Jerman ini juga suka buku fiksi dan filsafat.


Nama kedua yakni Yohanes Surya. Pria kelahiran Jakarta, 6 November 1963 ini adalah seorang fisikawan Indonesia. Ia juga dikenal sebagai pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI). Next


(ash/fyk)