Barca Ingin Belajar dari Advan

Jakarta - Meskipun punya reputasi internasional, namun FC Barcelona mengaku tak sungkan untuk belajar dari rekam jejak Advan yang berhasil memposisikan diri sebagai salah satu vendor ponsel dalam negeri yang cukup sukses di kancah persaingan lokal.

"Kami ingin belajar dari Advan. Meskipun baru berdiri tahun 1998, tapi mereka berhasil membuktikan diri dan tumbuh pesat seperti sekarang ini," kata Xavier Asensi I Brufau, Managing Director FC Barcelona Asia Pacific di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.


Barca dan Advan baru saja meresmikan partnership untuk urusan brand marketing campaign di Indonesia. Dengan nilai kontrak jutaan euro, kerja sama local strategic partner ini akan berlangsung selama dua tahun penuh.


"Kami perlu brand partner yang equal untuk promosi di Indonesia. Dan brand yang kami pilih itu adalah Advan. Kami perlu bermitra dengan leading brand untuk memperluas basis fan kami dari 20 juta yang sudah ada di Indonesia," lanjut Xavier.


Menurutnya, Indonesia merupakan pasar yang strategis karena Asia dinilai merupakan basis fans terbesar Barca di dunia. Xavier mengatakan, Barca memiliki standar tinggi dalam memilih mitra kerjasama.


"Karena itu, brand Advan yang sudah dikenal luas di Indonesia diharapkan bisa membantu Barca lebih dekat dengan para fans di sini. Kami juga berharap produk yang lahir dari kerjasama ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," tutur Xavier.


Kerjasama ini bukan hanya bertujuan memperkuat brand kedua belah pihak, tapi juga melahirkan sejumlah produk ekslusif. Advan akan merilis seri Advan Barca untuk smartphone dan tablet, yang akan dilengkapi dengan berbagai elemen klub asal Spanyol tersebut, termasuk logo, wallpaper, dan game sepakbola.


Selain itu, Advan juga akan merilis iklan produk eksklusif itu dengan melibatkan para bintang Barca seperti Lionel Messi di Stadion Camp Nou di Spanyol. Iklan tersebut dijadwalkan tayang sekitar Oktober-November 2014.


(rou/tyo)