NoPhone, 'Obat' untuk Pecandu Smartphone

Jakarta - Smartphone, sebagai produk kemajuan teknologi, punya 2 sisi. Satu sisi sangat membantu memudahkan berbagai urusan, di sisi lain membuat pemakainya merasa ketergantungan. Kini sudah ada produk untuk mengobati kecanduan smartphone.

NoPhone, demikian produk itu dinamakan, merupakan tiruan smartphone yang sama sekali tidak bisa digunakan. Tidak ada sambungan wifi, tidak ada kamera, tidak menggunakan baterai, dan bahkan tidak bisa dipakai untuk telepon maupun untuk sekedar mengirimkan SMS.


Meski begitu, bentuk dan ukurannya mirip iPhone, salah satu produk smartphone paling populer belakangan ini. Tidak hanya itu, seperti dikutip dari situsnya, nophone.eu, Minggu (24/8/2014), bobotnya pun dibuat semirip mungkin dengan iPhone.


"Ini bekerja seperti plasebo (obat kosong)," kata Ingmar Larsen, salah seorang desainer yang membuatnya, dikutip dari ABC News.


Seseorang yang kecanduan smartphone sulit lepas dari gadget kesayangannya. Kadang bukan karena sedang benar-benar butuh menggunakannya, hanya merasa ada yang tidak lengkap jika tidak ada benda tersebut di saku atau genggamannya. Nah, produk ini menjadi penggantinya untuk dipegang-pegang.


Kecanduan smartphone bukan hal yang aneh di zaman sekarang. Di seluruh dunia, diperkirakan 52 persen pengguna smartphone mengalami kecanduan semacam itu. Anksietas atau rasa gelisah mereka rasakan ketika tidak memegang gadget andalannya.


Orang-orang yang mendapat perawatan untuk lepas dari kecanduan juga meningkat. Saat ini, 1 dari 8 orang di Inggris menunjukkan tanda-tanda seperti tidak bisa 'hidup' tanpa smartphone.


(up/up)