Ini Alasan Samsung Mau Bikin Pabrik Ponsel di Indonesia

Jakarta - Samsung akhirnya mau membuka pabrik ponsel di Indonesia. Padahal sebelumnya, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini terindikasi hanya memilih Vietnam dan China sebagai basis produksi ponselnya.

Dikutip detikINET dari Korea Times, Selasa (19/8/2014), Samsung sebelumnya memutuskan tidak membangun pabrik ponsel di Indonesia terkait tidak dicapainya kesepakatan dengan pemerintah Indonesia soal benefit pajak dan sebagainya.


"Tapi saat ini, pemerintah Indonesia telah menjanjikan untuk menawarkan insentif pajak yang lebih tinggi agar Samsung berinvestasi," kata sumber terkait yang diwawancarai Korea Times.


"Samsung akan mempekerjakan lebih banyak orang Indonesia untuk mengoperasikan pabrik tersebut, yang akan membantu memicu perekonomian lokal," tambah sumber tersebut.


Investasi Samsung untuk membangun pabrik ponsel di Indonesia belum diungkap, tapi tampaknya tidak setinggi di Vietnam atau China. Pasalnya, pabrik di sini kemungkinan adalah fasilitas perakitan ponsel, bukan manufaktur penuh.


Dispekulasikan pula bahwa output pabrik ponsel Samsung di Indonesia khusus untuk pasar domestik, tidak diekspor. Dengan penduduk di kisaran 250 juta, Indonesia memang pasar ponsel yang menjadi prioritas bagi Samsung.

(fyk/ash)