Demi Jutaan Euro, Barcelona Gandeng Advan

Jakarta - Advan, produsen ponsel dan tablet merek lokal, baru saja mengikat kontrak brand marketing bernilai jutaan euro selama dua tahun dengan raksasa sepakbola asal Spanyol, FC Barcelona.

Kerja sama ini diharapkan bisa mengatrol pamor Advan sebagai produsen teknologi ternama di dalam negeri. Sementara bagi Barcelona, kerja sama ini akan semakin memperkuat eksistensi brand klub di Indonesia.


"Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di Asia. Kami punya lebih dari 20 juta fans di negeri ini," kata Xavier Asensi I Brufau, Managing Director FC Barcelona Asia Pacific di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/8/2014).


Melalui partnership ini, Advan nantinya akan merilis satu buah smartphone dan tablet Android edisi khusus yang mengusung logo FC Barcelona. Menurut Tjandra Lianto, Marketing Director Advan, keduanya akan diproduksi terbatas.


"Barca smartphone dan Barca tab ini baru akan kami luncurkan September mendatang atau paling lama dua bulan dari sekarang. Targetnya tak banyak-banyak, sekitar 10 ribu hingga 20 ribu unit saja," katanya.


Baik Tjandra dari Advan maupun Xavier dari Barcelona tak mau mengungkap detail dari nilai kontrak kerja sama ini. Namun setelah didesak, Tjandra akhirnya mau sedikit membocorkan gambaran angkanya.


"Tak sampai puluhan juta euro. Hanya jutaan euro saja. Detailnya tak bisa saya ungkap," pungkasnya.


Advan sendiri belakangan memang cukup gencar untuk membesarkan brand produknya. Setiap bulannya, vendor yang dulu dikenal sebagai produsen produk komputer ini menghabiskan biaya marketing campaign sebesar Rp 25 miliar.


Sementara bagi Barcelona, kerja sama ini jelas akan menambah pundi-pundi pemasukannya dari Indonesia. Selain dengan Advan, Barcelona sebelumnya telah lebih dulu menggandeng Indosat dan P&G.


(rou/ash)