CPNS Online Sering Down, Apa yang Salah?

Jakarta - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 secara online memang punya niat mulia. Ingin menyederhanakan birokrasi hingga meminimalisir terjadinya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Hanya saja implementasi sistem ini tak terlalu mulus. Laporan gangguan pada server atau fasilitas penyimpanan data yang tumbang akibat membludaknya kunjungan para calon pelamar, masih saja terjadi.


"Server kita memang sedang down. Ini karena memang tingginya antusiasme masyarakat yang ingin mendaftar," kata Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman.


Herman menyebutkan, sejak pertama kali dibuka pada 20 Agustus 2014 hingga pukul 02.00 WIB dini hari tanggal 21 Agustus, sudah ada 5 juta kunjungan tercatat pada situs ini. "Sampai sekarang (pukul 15.00 WIB di tanggal 21 Agustus) mungkin sudah tembus 10 juta. Makanya server kita bisa sampai down," tuturnya.


Di saat yang bersamaan, tim IT Panselnas tengah berusaha mengunggah data instansi dan rincian formasi lowongan di masing-masing instansi yang membuka lowongan CPNS tahun ini. Kondisi ini menyebabkan ambruknya sistem pada situs ini menjadi kondisi yang tak terelakkan.


Hal tersebut, klaim Herman, biasa terjadi pada awal-awal pendaftaran. "Dari pengalaman tahun sebelumnya, ini biasa terjadi di tiga hari pertama. Ini hal yang wajar seperti pengalaman kita tahun sebelumnya. Masyarakat euforia, jadi semua membuka," sebutnya.


Herman memperkirakan pada hari keempat, situs yang beralamat di https://panselnas.menpan.go.id/ ini dapat kembali normal dibuka kembali oleh para calon pelamar.Next


(ash/rns)