Swing Copters Palsu Sudah Gentayangan

Jakarta - Umur game Swing Copters bisa dibilang masih belia. Game 'menyebalkan' itu baru dirilis untuk Android dan iOS 21 Agustus 2014 lalu. Pembuatnya adalah Dong Nguyen, yang sebelumnya terkenal dari Flappy Bird.

Flappy Bird adalah game yang cukup fenomenal. Game tersebut mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi, namun membuat pemainnya menjadi ketagihan.


Popularitas Flappy Bird itu menurun ke Swing Copters. Bukan dari sisi jumlah pengunduh, melainkan dari jumlah kloningan.


Setidaknya sudah ada belasan game sejenis Swing Copters yang beredar dalam Google Play Store. Padahal pengunduh Swing Copters sampai hari Jumat (22/8/2014) baru mencapai sekitar 10 ribu.


Namun hal tersebut hanya terjadi di Google Play Store, karena ketika dicari di App Store dengan kata kunci Swing Copters, hasil yang muncul hanyalah game buatan Dong Nguyen tersebut.


Flappy Bird dikabarkan bisa menghasilkan uang sebanyak USD 50 ribu per hari dari iklan. Itu juga yang mungkin membuat para pengembang untuk buru-buru membuat game kembaran Swing Copters, dan berharap bisa kecipratan keuntungan tersebut.


Meski tak ada aturan yang jelas masalah ini, namun game jiplakan tentunya bisa menimbulkan masalah di kemudian waktu. Salah satunya adalah malware, karena pengembang nakal bisa saja menyelipkan malware dalam salah satu kloningan Swing Copters.


(asj/ash)