Mouse Jadul Apple Terinspirasi Atari

Jakarta - Atari dan Steve Jobs tidak bisa dipisahkan begitu saja dalam bagian sejarah berdirinya Apple. Cerita masa lalu terungkap, bahwa salah satu produk Apple juga pernah terinspirasi dari konsol game itu.

Cerita ini datang dari Jim Yurchenco, desainer Apple di masa itu mengungkapkan bagaimana awal cerita dari diciptakannya mouse Apple original untuk komputer Apple Lisa.


Yurecho mengenang, saat itu dia yang baru lulus dari Stanford University diminta oleh Steve Jobs untuk membuat mouse. Dia tertarik untuk membuat mouse setelah melihat produk yang sama dari Xerox.


"Tapi yang menjadi permasalahaan adalah, Jobs ingin membuat yang low cost, mudah dibuat dan gampang digunakan oleh konsumen," kenang Yurecho, seperti dikutip detikINET dari The Register, Jumat (22/8/2014).


Ya seperti yang sudah diketahui, apapun yang diinginkan oleh Jobs, haruslah dipenuhi oleh karyawannya.


Lalu, Yurecho pun mencoba mencari ide bagaimana trackball Arcade dapat dibuat dengan baik dan berharap dia mendapatkan inspirasi desain yang lebih baik dan lebih murah dari Xerox.


Mouse Xerox memang ada semacam trackball untuk mendorong. Sementara trackball Arcade lebih besar dan lebih responsif, ini yang menginspirasi Yurecho pada akhirnya.


(tyo/rou)