Superman, Mampukah Jadi Superhero Nokia?

Jakarta - Melihat gaung ponsel-ponsel terbaru yang siap dirilis pesaingnya, Nokia juga tak mau kalah. Produsen yang telah dimiliki oleh Microsoft ini telah menyiapkan ponsel terbaru bersandi Superman yang mengincar penikmat selfie..

Sesuai segmen penggunanya, kelebihan ponsel ini jelas terletak di bagian kamera depannya. Berdasarkan desas-desus yang beredar, Superman akan dibekali kamera 5 MP.


Memang tak terdengar istimewa, namun bila terbukti Superman akan menjadi ponsel Nokia pertama dengan kamera depan terbaik.


Selain itu bukan tak mungkin Nokia juga akan membenamkan fitur-fitur andalannya pada kamera tersebut semisal teknologi Carl Zeiss. Bila benar, bukan tak mungkin Superman akan menjadi superhero di antara ponsel selfie lainnya.


Informasi lain mengenai Superman adalah bentang layarnya yang sebesar 4,7 inch. Tak dijelaskan berapa resolusinya, namun karena disebut sebagai bakal penerus Lumia 720, disinyalir resolusi layar Superman antara HVGA (800x480 pixel) dan qHD (960x540 pixel). Meski begitu tak menutup kemungkinan Superman akan menawarkan resolusi HD (1280x720 pxiel).


Superman juga dikatakan bakal mengusung firmware anyar berkode GDR2 dengan sandi Debian Red yang disebut mampu mengoptimalkan OS Windows Phone (WP) 8.1 yang diusungnya.


Sebagai informasi, firmware yang banyak digunakan oleh seri Lumia saat ini mengusung kode GDR1 dengan sandi Cyan Black.


Meski tak dijelaskan, kemungkinan optimalisasi yang dimaksud terletak di sisi kamera depan yang bakal mampu menyodorkan hasil lebih baik.


Dalam sebuah bocoran, penampakan fisik Superman juga mulai terungkap dengan balutan bodi berwarna hijau. Sekaligus bukti penggunaan firmware Debian Red di balik WP 8.1 yang digunakan.


Peluncuran Superman dipercaya bakal dilakukan pada 4 September di panggung IFA 2014 yang digelar di Berlin, Jerman. (yud/ash)