Android Perkasa, iPad Melempem

Jakarta - Lembaga riset IDC merilis ramalan mengenai pasar tablet lima tahun ke depan. Diestimasi sebanyak 234,5 juta tablet akan dikapalkan selama tahun 2015. Android akan tetap merajai pasar, sementara iPad kian terpuruk.

IDC menilai pasar iPad akan semakin lemah, dari 27,6% saat ini menjadi 23% pada 2019. Hal ini dikarenakan pasar iPad akan tergerus pasar tablet Android yang menawarkan harga yang lebih terjangkau.


Kantor riset ini turut memproyeksi pangsa pasar Microsoft. Pertumbuhan pasarnya diperkirakan tumbuh tiga kali lipat, dari 5,1% (tahun 2015) menjadi 14,1% (2019).


Seperti dikutip detikINET dari MacRumors, Jumat (13/3/2015), Direktur Riset IDC, Jean Phillippe Bouchard mengatakan kenaikan yang dialami Microsoft dikarenakan perusahaan tersebut mampu memberikan pengalaman lintas device dan platform yang sangat baik.


"Peluncuran Windows 10 tahun ini tidak hanya memberikan pengaruh yang signifikan bagi Microsoft, tapi juga pada industri keseluruhan," ujar Bouchard.


Bouchard menambahkan bila Apple merilis iPad baru kemungkinan dapat mendongkrak persentase pasar mereka.


Apple memang dirumorkan akan merilis iPad Pro tahun ini. Tablet ini memiliki layar berukuran 12,9 inch dengan prosespr A8X yang super kencang. Apakah tablet anyarnya ini mampu menaikkan market mereka?


(ash/ash)