Setelah Nexus, iPhone Juga Tinggalkan Snapdragon?

Jakarta - Apple dikabarkan akan membenamkan chip buatan Intel dalam iPhone generasi selanjutnya. Namun chip tersebut bukan prosesor, melainkan modem, yaitu Intel 7360 yang punya konektivitas LTE.

Modem tersebut akan menggantikan chip buatan Qualcomm yang selama ini dipakai oleh Apple. Meski untuk sebagian negara, Apple tetap menggunakan chip modem buatan Qualcomm.


Intel 7360 punya kecepatan unduh maksimal sebesar 450 Mbps, dan mendukung LTE kategori 9/10. Dan kabarnya saat ini engineer Apple sudah bolak-balik dari Cupertino ke Jerman untuk mengerjakan chip tersebut bersama engineer Intel.


Chip tersebut kabarnya akan digunakan di iPhone yang dijual di Asia dan Amerika Latin. Sementara iPhone yang dipasarkan di Amerika Serikat tetap menggunakan modem buatan Qualcomm.


Kehadiran modem LTE buatan Intel ini kabarnya digunakan Apple untuk meningkatkan posisi tawarnya terhadap Qualcomm. Hubungan antara Apple dan Qualcomm yang sedang kurang baik pun kabarnya dijadikan alasan dalam adopsi modem Intel ini, demikian dikutip detikINET dari Slash Gear, Kamis (12/3/2015).


Sebelumnya juga dikabarkan bahwa Google tak lagi menggunakan prosesor buatan Qualcomm di lini ponsel Nexus selanjutnya, yang kemungkinan dibuat oleh Huawei.


Ponsel Nexus buatan Huawei itu kemungkinan akan menggunakan prosesor buatannya sendiri, yaitu HiSilicon Kirin 930. Sekadar informasi, di tiga ponsel Nexus terakhir, Google menggunakan prosesor Snapdragon buatan Qualcomm.


(asj/ash)