Rilis OS X 10.10.3 Beta, Apple Boyong Force Touch

http://us.images.detik.com/content/2015/03/14/317/100248_akan.jpgIst.


Jakarta - Apple rupanya tidak hanya merilis pembaruan iOS untuk para developer. Perusahan pembuat iPhone ini turut mengeluarkan OS X 10.10.3 beta yang membawa dua fitur anyar, yakni Photo App dan API untuk fitur Force Touch.

Hadirnya Photo App di OS X tidak dimaksudkan menggeser peran iPhoto ataupun Aperture. Akan tetapi memberikan akses ke iCloud Photo Library secara langsung yang selama ini hanya bisa dilakukan lewat web browser.


Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna melakukan pengeditan sederhana. Hasilnya dapat langsung disinkronkan ke perangkat Apple lainnya.


Force Touch sendiri baru saja diperkenalkan di acara Spring Forward beberapa hari lalu. Fitur Force Touch merupakan teknologi berbasis sentuhan besutan Apple yang digunakan pertama kali di perangkat smartwatch-nya dan berlanjut ke jajaran MacBook terbaru.


Fitur ini mampu menangkap jumlah tekanan yang diterapkan pada layar perangkat atau trackpad dengan memanfaatkan elektroda kecil di sekitar display. Jadi setiap tingkat tekanan pengguna bisa memberikan fungsi yang berbeda.


Dengan tersedianya API Force Touch, developer dapat mengembangkan fitur ini pada aplikasi besutan merak. Nantinya aplikasi mereka bisa memiliki tombol hingga pengontrolan di layar berbasis tekanan.


Pembaruan berkode build 14D98g ini turut membawa peningkatan login akun Gmail dan tambahan emoji pada keyboard. OS X 10.10.3 beta dapat diunduh oleh developer di App Store atau dapat juga ditemukan di halaman Apple Developer.


(fyk/fyk)