Pengguna Android Masih Banyak yang Gaptek

Jakarta - Ponsel dengan sistem operasi Android mendominasi pertumbuhan jumlah smartphone di Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak penggunanya yang masih gaptek alias gagap teknologi.

Hal itu terungkap dari data pengguna smartphone yang bercokol di jaringan operator seluler. Di Telkomsel, misalnya, pengguna Android mendominasi 60% dari total 40 juta smartphone yang terkoneksi.


Sementara pengguna lainnya tercatat menggunakan ‎smartphone BlackBerry, iPhone, dan Symbian. BlackBerry masih cukup tinggi dengan persentase 30%. Sedangkan iPhone cuma 1,5 juta pengguna atau sekitar 3%-4%.


"Telkomsel punya 143 juta pelanggan, tapi baru 40 juta yang pakai smartphone dan 25% di antaranya atau sekitar 10 juta belum aktifkan paket data. Ya bisa dibilang masih gaptek. Dari total pengguna smartphone itu 60% pakai Android," ungkap ‎Vice President Prepaid & Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani ‎di Blowfish, Jakarta, Kamis (12/3/2015).


Melihat fakta dan kondisinya demikian, Telkomsel pun tergerak untuk lebih mengedukasi pelanggannya agar lebih memaksimalkan manfaat dari smartphone miliknya.


Operator seluler terbesar di Tanah Air itu pun kembali mengajak seluruh prinsipal smartphone pengusung Android untuk bergabung dalam program edukasi pelanggan ini.


Mulai dari Samsung, HTC, LG, Advan, TiPhone, Mito, Evercoss dan masih banyak lagi, bahkan‎ Google pun ikut diajak. Semua vendor ini sebelumnya sudah bergabung dalam program Telkomsel Android United (TAU).Next


(rou/ash)