Android Sumbang Pengguna BBM Terbanyak

Jakarta - Sejak dilepas menjadi multiplatform, BlackBerry Messenger (BBM) diklaim terus mengalami pertumbuhan positif. Android menjadi penyumbang jumlah pengguna terbanyak untuk layanan messaging BlackBerry tersebut.

Berbincang dengan Matthew Talbot di kantor BlackBerry, pria yang menjabat sebagai Senior Vice President for Emerging Solutions BlackBerry ini mengungkap data menarik.


"Kami mencatat ada 140 juta registrasi baru dari Android dan iPhone. Data minggu lalu di toko aplikasi Android kami mencapai 100 juta download. Tanpa membicarakan handset, Anda mungkin sudah bisa mengira," sebutnya.


Ditanya total jumlah pengguna secara global, Matthew mengaku belum bisa menyebutkan angka. Dia harus menunggu data terbaru perusahaan yang akan dirilis sekitar dua pekan lagi.


"Pada tanggal 27 Maret nanti BlackBerry akan merilis data terbaru. Jadi saya belum bisa bilang. Yang saya tahu, kami tembus 100 juta download di Android. Pertumbuhan pengguna BBM di iPhone dan Android sekitar 185% di tahun lalu, dan Januari kemarin tercatat 140 juta pengguna baru BBM multiplatform," ulangnya.


Dikatakannya, Indonesia masih menjadi salah satu pasar paling penting bagi BlackBerry. Itu sebabnya perusahaan asal Kanada ini menjadikan Indonesia sebagai pilot project BBM Money, BBM game dan sticker contest.


"Apa yang coba kami lakukan sekarang di Indonesia adalah, kami memperbanyak konten lokal, bekerjasama dengan developer dan mitra lokal. Pada akhirnya, BlackBerry sebagai produk global namun dengan konten lokal," simpulnya.

(rns/ash)