Ridwan Kamil Siapkan 'Tombol Panik' untuk Kondisi Darurat

Jakarta - Pemkot Bandung siap meluncurkan aplikasi 'Tombol Panik' yang khusus disematkan dalam smartphone. Piranti lunak buatan PT Telkom ini bisa bermanfaat bagi warga Bandung pengguna ponsel berbasis Android sewaktu situasi darurat dan mencegah aksi kriminal.

"April nanti launching. Sekarang (aplikasi 'Tombol Panik') lagi difinalisasi oleh Telkom," kata Emil, sapaan Ridwan, di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Kamis (12/3/2015).


Emil menjelaskan, nantinya aplikasi ini dapat diunduh via PlayStore. Sehingga perorangan atau pemilik ponsel pintar bisa memiliki layanan tersebut.


"Untuk sementara baru Android. Nanti dikembangkan lagi. Aplikasi 'Tombol Panik' terkoneksi ke Bandung Command Center," ucap Emil.


Bagaimana cara kerja 'Tombol Panik'? Kalau ada kecelakaan dan keadaan darurat, pengguna tinggal tekan tab di layar atau antena. Kalau layar ditekan tiga kali, nanti langsung berbunyi di ponsel nomor yang teregister.


"Jadi waktu registrasi, nomor keluarga terdekat didaftarkan. Saat dia lagi panik, keluarga terdekatnya bisa memantau dan mengambil tindakan plus terkoneksi ke Command Center," tutur Emil.


Setelah terdeteksi, Emil melanjutkan, anggota polisi yang bertugas di Command Center akan melakukan tindakan dengan mengirim personel terdekat ke tempat kejadian.


(bbn/ash)