Tongsis Jadi Barang Haram di Museum London

Jakarta - Penggunaan tongsis alias tongkat narsis sudah merambah secara global. Namun seiring penyebarannya pula, semakin banyak tempat dan negara yang melarang penggunaannya. Museum Nasional London menambah daftar panjang tempat-tempat yang melarang tongsis.

Alasannya, tongsis dikhawatirkan bisa melukai pengunjung lain dan juga merusak karya seni. Tongsis masuk dalam kategori yang sama dengan tripod berkaki tiga yang sudah dilarang penggunaannya di dalam museum tersebut.


Kritikus seni Brian Sewell menyambut baik berlakunya larangan ini. Dia menilai tongsis bisa membahayakan karya seni dan menimbulkan kegaduhan di sekitar lukisan.


"Siapa pun yang benar-benar ingin pergi dan melihat karya-karya lukisan bisa terganggu karena orang-orang yang terlalu sibuk mengambil foto," ujarnya seperti detikINET kutip dari BBC, Kamis (12/3/2015).


Sebelumnya, sejumlah museum di New York, dan Washington, Amerika Serikat, juga di Canberra, Australia juga sudah lebih dulu melarang tongsis. Kini museum lain di London seperti British Museum serta Louvre dan Pompidou di Paris, Prancis juga sedang mempertimbangkan pelarangan serupa.


(rns/rou)