Apple Nyontek Desain Galaxy Edge?

Jakarta - Samsung mencoba menarik perhatian publik dengan desain ponsel yang unik. Galaxy Edge mencoba tampil beda dengan layar yang 'tumpah' hingga ke sisi kanan kiri. Apple sepertinya tertarik membuat produk serupa.

Paten terbaru yang didaftarkan Apple memunculkan spekulasi ini. Si pembesut iPhone dalam deskripsi paten menggambarkan iDevice buatannya memiliki built-in sidewall display, yang bisa diartikan sebagai perangkat dengan display di salah satu atau kedua sisinya.


Seperti dilansir News Softpedia, Kamis (12/3/2015), dalam pengajuan paten juga disertakan gambar sketsa perangkat yang disebut Apple sebagai 'mini flexible edge display', menampilkan 'Repurposing Active Virtual Button'.


Sedikit berbeda dengan Galaxy Edge milik Samsung, Apple tidak membuat display di sisi perangkatnya berdesain lengkung dari depan hingga ke sisi. Apple ingin mengintegrasikan display di bagian muka dengan layar di sisi dan kanan.


Seperti terlihat pada sketsa paten, perangkat ini memungkinkan pengguna mengakses kontrol tambahan dari layar di sisi kanan dan kiri, tak hanya untuk melihat notifikasi.


Misalnya, Apple bisa menaruh tombol kamera di layar sisi. Ini akan memudahkan pengguna untuk berpindah di antara foto dan video, mengatur flash dan lain-lain.


Jika pada akhirnya Apple membuat iPhone dengan layar tambahan di kedua sisinya tentu akan menarik. Mungkin saja ini menjadi tren baru. Berdasarkan pengalaman, Apple selalu sukses menciptakan tren, meski dia bukan yang pertama membuat.


Galaxy Edge Samsung mungkin tidak cukup memancing vendor lain membuat produk serupa. Tapi ketika Apple membuatnya, siapa tahu banyak yang mengekor.


(rns/ash)