Google Setop Jualan Nexus 5

Jakarta - Meski sempat mengatakan tetap akan jualan Nexus 5 selepas meluncurkan Nexus 6 , Google akhirnya memutuskan menyetop penjualan Nexus 5.

Tapi sebenarnya rencana Google ini telah diprediksi sebelumnya. Hanya saja Google sepertinya ingin menepati janjinya dulu, yang mengatakan bahwa Nexus 5 masih akan dijual sampai kuartal I tahun 2015. Berarti bulan Maret ini adalah bulan terakhir Nexus 5 dijual Google.


Pun demikian penghentian jualan Nexus 5 dilakukan bertahap oleh Google. Jadi raksasa ini tidak serta-merta menyingkirkan Nexus 5, melainkan tetap menjualnya namun semata-mata untuk menghabiskan stok yang tersisa di gudang.


“Sementara beberapa persediaan Nexus 5 masih ada, fokus kami selanjutnya adalah pada Nexus 6 (yang ada) saat ini,” ujar salah seorang juru bicara Google, seperti detikINET kutip dari The Verge, Kamis (12/3/2015).


Seiring dengan disetopnya penjualan Nexus 5, Google juga disebut mengubah layout tokonya. Tadinya etalase toko Google Store diisi dengan Nexus 5 yang dipajang bersamaan dengan perangkat Google lainnya, semisal Chromebook, dan juga produk digital Google, seperti aplikasi, musik dan film.


Sekarang kategori hardware dan software ditempatkan terpisah, dan bisa ditebak di etalase hardware-nya Google tak lagi memajang Nexus 5. Pengunjung hanya akan menemukan phablet Nexus 6 di rak Google Store. Meski begitu pengunjung juga tetap bisa membeli Nexus 5 bila memintanya, tapi dengan catatan bila barangnya masih tersedia.


Apakah ini berarti LG juga akan berhenti jualan Nexus 5? Belum ada konfirmasi resmi dari LG, tapi seharusnya perusahaan yang dipercaya Google menggarap Nexus 5 ini juga melakukan hal yang sama mengingat Google sudah tak lagi melakukan pemesanan.


(yud/fyk)