HP Resmi 'Berbadan Dua' November 2015

Bangkok - Rencana Hewlett-Packard (HP) memisahkan unit bisnis hardware dan software miliknya jadi dua perusahaan baru semakin matang. Setelah diumumkan Oktober 2014 lalu, eksekusinya akan mulai direalisasikan November 2015 mendatang.

Perusahaan ini nantinya akan menggunakan dua nama. Hewlett-Packard Enterprise akan mengurusi perangkat lunak dan bisnis layanan. Sedangkan HP Inc akan fokus pada printer serta perangkat komputer personal seperti PC, notebook, dan sejenisnya.


"Kami memang mengumumkan perpisahan Oktober 2014, tapi perpisahan sesungguhnya baru 1 November yang akan datang," ujar Senior Vice President, Printing & Personal Systems Group, HP Asia Pacific & Japan, Nick Lazaridis, di Conrad Hotel, Bangkok, Thailand.


Langkah untuk memisahkan kedua bisnis utama HP ini sebenarnya sudah didiskusikan secara internal sejak lebih dari satu tahun lalu, tujuannya untuk mempertajam fokus bisnis sekaligus para pemegang saham.


Menurut Nick, dari segi penjualan produk keduanya sudah berbeda saat ini meski memiliki pasar konsumen yang sama. Lantas bagaimana dengan fokus penjualan perusahaan keduanya?


"Dua perusahaan (ini nantinya menjadi) ink cooporate dan produk enterprise yang fokus pada hardware serta solusi. Kita tetap melanjutkan penjualan enterprise notebook dan sebagainya. (Sementara) mereka menjual enterprise solution," sambungnya.


HP pada Agustus 2014 lalu melaporkan bahwa penjualan PC, termasuk netbook dan notebook tumbuh sekitar 12% dan memberikan peningkatan pendapatan senilai USD 27.6 miliar. Pendapatan tersebut mewakili 40% dari total pendapatan HP.Next


(rou/rou)