Ditodong Pajak, Pabrik Nokia X Digeser ke Tiongkok

Jakarta - Nokia sempat dikabarkan bakal memproduksi ponsel Android pertamanya di Chennai, India. Namun isu terbaru menyebut Nokia berubah pikiran dan berniat menggeser produksi Nokia X ke Tiongkok.

Alasan digesernya produksi seri Nokia X dari fasilitas pabrik Nokia di India kabarnya lantaran hutang pajak yang dimiliki Nokia kepada pemerintahan Negeri Bollywood.


Karena alasan itu, pabrik Nokia di India pun konon telah disita. Nokia baru boleh mengoperasikannya lagi setelah seluruh hutang pajak yang dimilikinya dibayar seluruhnya.


Ketimbang membayar hutang pajak yang terlampau tinggi, Nokia pun dikatakan lebih merelakan pabriknya yang disita dan memilih menggeser produksi seri Nokia X yang tadinya akan dilakukan di India menuju China.


Namun belum jelas apakah Nokia akan memproduksi seri Nokia X pada pabrik miliknya sendiri, atau mengandalkan pabrik manufaktur pihak ketiga seperti Foxconn.


Akibat masalah ini juga nasib pekerja di pabrik Nokia di Chennai, India menjadi terkatung-katung menunggu kepastian tempatnya bekerja.


Selain itu sejumlah analis juga mengatakan dengan angkat kakinya Nokia dari India, sedikit banyak akan mempengaruhi iklim investasi di negara tersebut. Demikian seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Senin (24/3/2014).


Artikel terkait:

- Faktor X yang Bisa Bikin Android Nokia 'Meledak'

- Nokia Android, Awal Kebangkitan Mantan Raja Ponsel

- Nokia Pede Android X Bakal Laku Keras

(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!