Mahasiswa Indonesia Siap Diadu di Imagine Cup Dunia

Jakarta - Melalui seleksi sangat ketat, Microsoft akhirnya memilih tiga tim pemenang kompetisi Imagine Cup 2014 di tingkat nasional. Ketiga tim akan mewakili Indonesia bertanding di babak World Semifinal Imagine Cup 2014.

Ketiga tim yang lolos tersebut yakni New Eleven Del dari Institut Teknologi Del, Samosir, Sumatera Utara dengan project Pora The Lake Rescuer (pemenang kategori Games), tim IDE DELTA dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan project Smoothie (kategori Innovation) dan tim DigiD2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan project CAKRA (kategori World Citizenship).


Jika lolos di babak tersebut, mereka akan berkompetisi di tingkat World Final yang akan diselenggarakan kampung halaman Microsoft di Seattle, Amerika Serikat pada 29 Juli 2014.


"Imagine Cup setiap tahun selalu heboh. Ini adalah ajang bergengsi di mana Indonesia bisa bersaing di kancah global. Dari 746 yang mendaftar, kita dapatkan sembilan tim, dan pada akhirnya dipilih lagi tiga tim terbaik untuk mewakili Indonesia di semifinal global," kata Risman Adnan, Developer and Platform Group Director, Microsoft Indonesia.


Dikatakan Risman, dari tahun ke tahun penyelenggaraan Imagine Cup, para kontestan memperlihatkan kualitas aplikasi yang semakin membaik. Dia bahkan mengaku sangat terharu melihat ada banyak mahasiswa dari daerah jauh, semangat mengikuti kompetisi ini.


"Tahun lalu, terus terang membuat saya emosional ketika tim Solite Studio dari Universitas Trunojoyo, Madura, mewakili Indonesia menjadi Runner-up di kompetisi Games Imagine Cup 2013 di Rusia. Kami harap sejarah yang sama bisa terulang kembali tahun ini. Kami yakin dengan kemampuan para pemenang Imagine Cup 2014 di tingkat Indonesia," ujarnya optimistis.


Ketiga tim, berhak memperoleh dana awal untuk pengembangan usaha sampai dengan 25 juta rupiah dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Selain itu, mereka tentunya juga akan mendapatkan bimbingan dari Microsoft Indonesia untuk persiapan bertanding di tingkat internasional.


(rns/rns)