Steve Jobs Akui iOS Tertinggal dari Android

Jakarta - Beberapa hal terungkap dalam email rahasia Steve Jobs yang dibeberkan dalam persidangan Apple melawan Samsung di pengadilan California. Di antaranya pengakuan Jobs bahwa sistem operasi iOS tertinggal dalam beberapa bidang teknologi dari Android.

Seperti diberitakan sebelumnya, email ini dikirim Jobs pada tahun 2010 pada beberapa eksekutif Apple yang jadi orang kepercayaannya. Salah satu bagian dalam email membahas ketertinggalan iOS dari Android dan bagaimana garis besar strategi untuk mengejar ketertinggalan itu.


"Strategi: kejar Android di mana kita ketinggalan (notifikasi, tethering, speech..) dan melampaui mereka (Siri..)," tulis Jobs. Di bagian lain, Jobs juga mengharapkan Apple bersaing dengan Google soal layanan cloud dan mencari cara mengalahkan mereka.


"Kita harus menghubungkan semua produk kita bersama-sama, jadi kita bisa semakin mengunci konsumen dalam ekosistem kita," tambah Jobs dalam email yang sama, seperti dikutip detikINET dari Digital Spy, Selasa (8/4/2014).


Dalam email ini, Steve banyak merancang strategi masa depan Apple. Ia memperkirakan tahun 2011 akan menjadi masa cloud computing. Steve juga menyinggung soal kemungkinan pembuatan iPhone dengan harga lebih terjangkau yang modelnya berbasis iPod Touch.


Menurut Business Insider, email tersebut hanya ditujukan untuk orang-orang Apple kepercayaan Jobs yang dijuluki Top 100. Setiap tahun, beberapa di antara mereka diundang untuk mendiskusikan strategi Apple di lokasi yang tidak diketahui.


"Orang-orang ini tidak semuanya Vice President. Beberapa hanyalah kontributor kunci. Jadi jika ada ide bagus muncul, salah satu tugasku adalah membicarakannya dengan mereka," kata Jobs mengenai kelompok Top 100 tersebut.


Artikel terkait:

-. 7 Skenario Steve Jobs Saat Apple Terpuruk

-. Nostalgia iPhone Pertama Steve Jobs

-. Deretan Foto Langka Steve Jobs

-. Kisah Seputar Bos Apple: Isu Gay Sampai CEO Termahal


(fyk/ash)