Disiplin dalam Memotret

Jakarta - Heran mengapa kualitas foto Anda tidak tajam saat men-zoom gambar seratus persen tersebut di layar komputer? Kemungkinan besar penyebabnya adalah masalah disiplin dalam memotret.

Di artikel ini, saya akan membahas beberapa hal mendasar yang jika diabaikan akan mengurangi kualitas gambar secara signifikan.


1. Tidak stabil

Untuk mendapatkan foto tertajam, terutama untuk subjek tidak bergerak seperti pemandangan, memasang kamera ke tripod yang sesuai adalah sesuatu yang penting.


Saat mengunakan tripod, pastikan tripod berdiri dengan kokoh dan tidak bergetar. Kamera harus dikunci rapat tidak mudah bergetar saat disentuh tangan atau angin.


Jika tidak membawa tripod atau tidak memungkinkan untuk mengunakan tripod, pastikan berdiri di tempat yang stabil, atur pernafasan dengan baik dan tekanlah shutter saat menghembuskan nafas.


Semakin banyak pixel dalam sebuah kamera, kita semakin dituntut untuk lebih berhati-hati. Demikian juga saat memotret dengan lensa telefoto. Semakin panjang lensanya, semakin penting kestabilan sebuah kamera. Supaya foto tidak goyang, gunakan shutter speed yang cepat.


2. Lensa yang kotor (berminyak, debu)

Lensa yang penuh dengan minyak dan debu akan membuat foto tidak tajam seperti berkabut. Sering-seringlah memeriksa lensa Anda dan membersihkannya di lapangan, terutama saat memotret di pantai, atau di tempat yang berdebu. Next


(ash/ash)