Wusss... Ngecharge Ponsel Cuma 30 Detik

Jakarta - Ketika baterai ponsel habis, perlu waktu cukup lama, yakni 2-3 jam untuk mengisi ulang daya hingga penuh. Sebuah startup Israel mengembangkan baterai smartphone yang bisa diisi ulang penuh dalam waktu sangat cepat, hanya 30 detik.

StoreDot, nama startup tersebut, memamerkan teknologi ini di konferensi Microsoft beberapa waktu lalu, menggunakan handset Galaxy S4. Saat ini teknologi ini baru bisa bekerja di handset milik Samsung tersebut.


Ke depannya, seperti dikutip dari Cellular-news, Selasa (8/4/2014), perusahaan yang bermarkas di Tel Aviv ini berencana akan memperluas kompatibilitas teknologinya ke perangkat lain.


Dijelaskan StoreDot, charger dan baterai yang mereka buat menggunakan sesuatu bernama nanodot yang dibuat dari bahan bio-organic. Bahan ini meningkatkan performa elektroda dan elektrolit. Inilah yang membuat baterai bisa diisi ulang penuh hanya dalam 30 detik.


Meski tampak menjanjikan, StoreDot tampaknya masih kesulitan untuk bisa memproduksi teknologinya secara massal.


Selain karena idenya yang masih terus dikembangkan, startup ini juga masih memerlukan dana untuk riset lebih jauh dan ongkos produksi.


StoreDot mengatakan, saat ini ada manufaktur smartphone asal Asia cukup besar yang menjadi investor strategis mereka.


Kucuran dana senilai USD 6 juta juga baru mereka terima baru-baru ini. Meski demikian, StoreDot belum akan memulai produksi massal hingga 2016.


(rns/ash)