Cara Jitu Amankan Kamera dari Cipratan Air

Jakarta - Bagaimana cara mencegah kamera (utamanya lensa) terkena air ketika memotret dekat air terjun? Karena saya hanya memakai lensa 18-55 mm, Jadi saya harus mendekat dengan air terjun untuk memotret objek yang ada dekat air terjun tersebut. (Aristiyo Rahadian Akbar)

Jawaban:


Paling murah dan cukup fleksibel adalah mengunakan plastik yang agak tebal dan kemudian bagian jendela bidik dan lensa dibolongin dan ikat dengan karet di ujung lensa. Menggunakan lens hood juga akan membantu mengurangi air yang masuk ke lensa. Filter protector/UV yang water-resistant juga akan membantu saat memotret air terjun. Air akan menggumpal sehingga mudah dibersihkan.


Raincover yang dirancang khusus untuk kamera dan lensa panjang juga ada, tapi biasanya harganya cukup tinggi yaitu jutaan, karena kualitasnya lebih baik dan desainnya lebih memudahkan kita untuk mengakses kamera.


(jsn/rns)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.