Sebelum 'Mati', Berapa Sisa Pengguna Windows XP?

Jakarta - Microsoft akhirnya membunyikan lonceng kematian bagi Windows XP. Sebelum berakhir eranya, berapa jumlah terakhir pengguna sistem operasi yang paling populer tersebut?

Disukai atau tidak oleh Microsoft, jumlah pengguna Windows XP tidak pernah berkurang secara drastis, kendati sang pembesut sudah beberapa kali meluncurkan versi terbarunya.


Menurut data Netmarketshare, selama Maret 2014 atau bulan terakhir Windows XP disokong oleh Microsoft, pengguna yang masih nyaman memakai sistem operasi ini masih berkisar 27,69%.


Disitat detikINET dari The Register, Selasa (8/4/2014), cukup mengejutkan memang. Kendati mengalami penurunan market share dari sebelumnya, jumlahnya tidak terlalu signifikan.


Malah boleh dibilang, di bulan yang sama, jumlah pengguna Windows XP masih tertinggi kedua dibandingkan versi Windows 7. Masih bisa mengangkangi Windows Vista, Windows 8 atau bahkan Windows 8.1


Selama bulan Maret, jumlah pengguna Windows 7 masih tertinggi dengan market share 48,77%, disusul Windows XP 27,69%, baru kemudian berurutan Windows 8 dan Windows Vista sebesar 6,41% dan 2,99%.


Microsoft dijadwalkan bakal menghentikan dukungan (support) untuk Windows XP per 8 April 2014 waktu Amerika Serikat. Pun demikian, bukan berarti pengguna tak lagi bisa menggunakan OS tersebut. Tetap bisa digunakan seperti biasa, namun OS tersebut tak lagi 'dibekingi' oleh Microsoft. Jadi tak akan ada lagi penambalan (patch) untuk menutup celah (bug) yang rentan di Windows XP,

(tyo/ash)