Kisah Kelahiran iPhone yang Belum Pernah Terungkap

California - Seperti apa kisah kelahiran iPhone, smartphone yang sampai kini masih populer dan sebagian pihak menganggapnya sebagai simbol kaum elit? Seorang pejabat Apple memaparkan kisah yang mungkin belum pernah diungkap sebelumnya.

Greg Christie, Apple Vice President and Software Design adalah salah satu sosok kunci dalam kelahiran iPhone. Ia menceritakan kisah penciptaan iPhone dalam ruang sidang pengadilan California di mana Apple kembali menuding Samsung melanggar paten.


Greg termasuk pencipta paten slide to unlock yang dipermasalahkan Apple. Berikut kisah Greg, yang mungkin ditujukan agar pengadilan merasa bahwa Apple bekerja sangat keras untuk membuat iPhone sehingga tidak seharusnya produknya dijiplak.


Diminta Membuat Ponsel


"Suatu hari aku duduk di kantor dan Scott Frostall (mantan eksekutif Apple-red) datang, menutup pintu dan dia bertanya apakah yang akan kamu lakukan untuk membuat ponsel," kata Greg, mengisahkan ulang ketika pertama kali dia mendengar ambisi Apple membuat ponsel.


"Kami pun berdiskusi lebih jauh. Deskripsinya masih umum, namun ponsel itu akan berbasis layar sentuh, lebih besar ukurannya untuk sebuah ponsel namun sangat kecil dibandingkan layar komputer desktop dan timku mulai mengerjakan desainnya," papar Greg.


Beberapa bulan kemudian, tim yang dipimpin Greg mendemonstrasikan ide soal software iPhone. Desainnya terinspirasi oleh sistem operasi OS X.Next


(fyk/ash)