Apple Bicara Soal Perselisihan Bos Senior

Jakarta - Hengkangnya Greg Christie, Vice President of Human Interface Apple, turut memunculkan rumor yang menyebutkan pencipta fitur 'Slide to Unlock' ini keluar dari Apple karena berselisih dengan Jony Ive.

Seperti diketahui, master desain Apple ini sejak dulu memang terkenal sebagai 'tangan kanan' mendiang Steve Jobs. Tak heran, selain sang CEO Tim Cook, Ive pun mempunyai kuasa penting atas apa yang terjadi di Apple.


Email internal yang dikirimkan ke staf Apple menyebutkan, para software engineer dan designer yang sebelumnya melaporkan pekerjaannya ke Christie, kini berhubungan langsung dengan Ive yang menjabat sebagai Senior Vice President of Design.


Peran Christie tidak digantikan oleh siapa-siapa, sehingga semakin memanaskan isu bahwa Ive tengah membangun 'kerajaan' di dalam perusahaan, mengingat dirinya punya kuasa yang sama kuat dengan Steve Jobs untuk urusan desain.


Namun pihak Apple kemudian membantah spekulasi tersebut. Melalui pernyataannya, pembesut iPhone dan iPad ini mengatakan bahwa Christie sejatinya memang berencana untuk pensiun setelah 20 tahun mengabdi di Apple.


"Dia telah menyumbang kontribusi sangat vital bagi semua produk Apple, dan membangun tim human interface kelas dunia yang bekerja sangat dekat dengan Ive selama bertahun-tahun," puji Apple.


Christie mengembangkan berbagai fungsi kunci di iPhone dan namanya terdaftar sebagai pencipta paten slide to unlock. Paten yang berfungsi untuk membuka iPhone itu menjadi salah satu fitur yang dipermasalahkan Apple di kasus hak paten melawan Samsung.


Sebelum mengundurkan diri, pria yang tercatat menjadi penemu sekitar 100 paten Apple ini pun menjadi saksi kunci di pengadilan. Selain 100 paten yang sudah tercatat atas namanya, Christie masih memiliki sekitar 31 paten lagi yang saat ini masih diproses di kantor paten Amerika Serikat.


(rns/rns)