Tutup Pabrik, Intel PHK 1.500 Karyawan

Jakarta - Intel menutup fasilitas perakitan dan uji coba produknya yang berlokasi di Kosta Rika. Sebanyak 1.500 karyawan Intel di negara itu dipastikan kena PHK.

Fasilitas tersebut sebetulnya berkontribusi cukup besar dalam ekspor Kosta Rika. Penutupan ini kemungkinan terkait dengan lesunya permintaan di industri komputer PC seiring popularitas smartphone dan tablet PC.


"Fasilitas tersebut ditutup dan dikonsolidasikan dengan operasional kami yang lain di seluruh dunia," kata juru bicara Intel, Chuck Mulloy yang detikINET kutip dari Reuters, Rabu (9/4/2014). Intel memang memiliki fasilitas serupa di China, Malaysia dan Vietnam.


Meski melakukan PHK dalam jumlah cukup besar, Intel masih akan mempekerjakan sekitar 1000 pekerja teknis, keuangan dan SDM di Kosta Rika. Dan mereka masih akan membuka setidaknya 200 lowongan lagi tahun ini.


Pada Januari lalu, Intel memang berencana untuk menurunkan jumlah pekerjanya sebanyak 5% secara bertahap. Saat ini, Intel mempekerjakan total sekitar 107 ribu karyawan di seluruh dunia.


(fyk/fyk)