Galaxy S5 Versi Exynos vs Snapdragon, Mana Lebih Oke?

Jakarta - Galaxy S5 terdiri dari dua model yang dibedakan dari prosesornya. Satu memakai prosesor quad core 2,5GHz Snapdragon 801 dan satu lagi mengandalkan prosesor Exynos octa core. Yang dipasarkan di Indonesia adalah model Exynos. Mana yang lebih baik di antara kedua model tersebut?

"Versi Exynos itu ditujukan untuk negara yang baru ada koneksi 3G. Kalau model Snapdragon itu untuk negara yang sudah ada LTE," kata Febri Rusli, Senior Product Manager Samsung dalam acara penjualan perdana Galaxy S5 di Jakarta, Jumat (11/9/2014).


Menurut Febri, secara kemampuan kedua model tersebut tidak jauh berbeda. Namun menurutnya, Galaxy S5 yang memakai prosesor Exynos memiliki keunggulan tersendiri di sektor daya tahan baterai.


"Soalnya teknologi octa core Exynos memungkinkan efisiensi baterai. Jika hanya dipakai untuk tugas ringan saja, cukup pakai core yang lebih rendah sehingga lebih awet baterai," kata dia.


Dalam sistem octa core Exynos Galaxy S5, ada dua prosesor yang terdiri dari quad core A15 1,9GHz dan octa core A7 1,3GHz. Untuk operasional yang berat seperti main game hardcore, digunakan yang A15. Sedangkan operasional sehari hari yang tidak membutuhkan performa tinggi, dipakai versi A7.


Dibuatnya dua model berbeda di Galaxy S5 bukan hal baru. Sebelumnya, Galaxy S4 ataupun Galaxy Note 3 yang diedarkan di Indonesia juga memakai prosesor Exynos, sedangkan versi Snapdragon dijual di negara yang sudah memiliki konektivitas 4G LTE.


(fyk/rou)