Seberapa Pintar Microsoft Cortana?

Jakarta - Cortana adalah asisten digital buatan Microsoft. Aplikasi ini dibuat untuk menyaingi Apple Siri dan Google Now yang sudah lebih dulu hadir. Lalu apa bagusnya Cortana dibanding dua pesaingnya itu?

Seluruh keunggulan Cortana disampaikan Microsoft lewat video berseri di YouTube, bahkan tak segan-segan mereka mencibir pesaingnya yang kini terlihat jadul berkat Cortana.


"Berbeda dengan Siri yang dibuat untuk semua orang, Cortana lebih personal dengan mempelajari siapa penggunanya," kata salah satu aktor di video Microsoft.


Diklaim lebih personal karena Cortana memang dijanjikan bisa mempelajari kebiasaan para penggunanya. Jadi nanti ada beberapa hal yang memang ditampilkan hanya berdasarkan hobi atau rutinitas dari para pemakainya.


Agar bisa lebih terasa personal Cortana pun akan mencatat semua kegiatan penggunanya, mulai dari hobi, jejak pencarian, jadwal pengingat, tempat yang pernah dikunjungi, dan beberapa hal lainnya.


Selain itu Cortana juga diklaim Microsoft bisa berkomunikasi dua arah dengan cara yang lebih natural, tak seperti Apple Siri atau Google Now.


Nama Cortana sendiri diambil Microsoft dari salah satu karakter game Halo. Dalam game tersebut tokoh ini merupakan sosok wanita yang tergambar dari intelegensi buatan.


Cortana pintar, karena ia tak sekadar bisa menerima perintah, tapi juga belajar, beradaptasi, dan membalas semua ucapan dengan perkataan yang natural serta terdengar pintar. Inilah harapan Microsoft terhadap Cortana yang sebenarnya pada Windows Phone.


Versi beta asisten digital Cortana dijanjikan bakal tersedia di Amerika Serikat pada pada pekan depan, sementara di Tiongkok dan Inggris dijadwalkan rilis pada pertengahan 2014.


(eno/ash)