Tumbang dan Kejutan ala BlackBerry Messenger

Jakarta - Minggu lalu, jagat teknologi diramaikan dengan pesta dari tiga raksasa teknologi dunia. Mereka adalah Nokia, BlackBerry dan Google.

Pun demikian, dari tiga event tersebut tidak semuanya menggelontorkan isu panas. Beberapa yang menarik perhatian adalah kehadiran BlackBerry Q5 dan kepastian bakal dilepasnya BlackBerry Messenger (BBM) ke platform Android dan iOS.


Berikut 10 isu terpanas dari jagat teknologi informasi yang menjadi artikel paling populer di detikINET pada minggu lalu:


1. Kesan Pertama Memakai BlackBerry 'Murah' Q5


BlackBerry meluncurkan handset terbarunya yang dinamakan Q5. BlackBerry Q5 ini adalah handset paling murah yang memakai sistem operasi BlackBerry 10, dan memadukan keyboard fisik dengan layar sentuh.


Sebelumnya, BlackBerry Z10 dan Q10 yang sudah dirilis masuk dalam segmen premium dengan harga mahal. BlackBerry Q5 ditujukan bagi pasar negara berkembang sehingga harganya lebih terjangkau, meski BlackBerry belum memastikan berapa banderolnya.


Seperti apa bodi dan kemampuan BlackBerry Q5?


2. 10 Produsen Ponsel Terbesar Dunia


Biro riset Gartner telah merilis daftar vendor ponsel terbesar di dunia. Gartner menggabungkan penjualan feature phone dan smartphone di kuartal I 2013. Secara total, sebanyak 426 juta unit ponsel terjual dalam kuartal tersebut.


Dari jumlah itu, 210 juta unit di antaranya adalah smartphone dan sisanya jenis feature phone. Vendor apa saja yang duduk di posisi 10 besar?


3. 6 Ponsel Super Terbaru yang Mencuri Perhatian


Industri smartphone semakin menarik saja. Produk-produk baru terus bermunculan, sebagian punya spesifikasi dan fitur yang cukup istimewa.


Deretan smartphone flagship sudah hadir seperti Galaxy S4, HTC One, ataupun Xperia Z. Baru-baru ini, produk smartphone anyar dari berbagai vendor kembali bermunculan untuk menyaingi mereka.


Dengan segenap kelebihannya, deretan ponsel canggih terbaru ini siap mencuri perhatian para penggemar smartphone.


4. BlackBerry Boyong BBM ke iOS & Android


Kabar mengejutkan datang dari event BlackBerry Live 2013 di Orlando, Amerika Serikat. Tak lama lagi, layanan BlackBerry Messenger (BBM) akan hadir di iOS dan Android.


Ya, CEO BlackBerry Thorstein Heins mengungkapkan bahwa BBM -- yang selama ini eksklusif di OS BlackBerry -- akan segera terbuka dan hadir di sistem operasi lain.


"Mulai musim panas nanti, BBM akan segera hadir di lintas platform," kata Heins, di acara BlackBerry Live, yang turut dihadiri oleh detikINET.


Heins menambahkan, BBM lintas platform ini akan mendukung iDevice dengan versi iOS 6 dan Android Ice Cream Sandwich ke atas.


5. Plus Minus 5 Android Papan Atas


Produsen Android besar telah mengeluarkan smartphone flagship andalannya. Dengan banderol mahal, sudah tentu smartpone tersebut dibekali dengan beragam keunggulan.


Sebut saja Samsung Galaxy S4, HTC One, Sony Xperia Z, LG Optimus G Pro ataupun OPPO Find 5. Keempatnya menyajikan fitur-fitur papan atas.


Namun di samping segenap kelebihannya, sudah tentu deretan smartphone tersebut tetap mempunyai kelemahan.


6. BBM Down 'Rusak' Pesta BlackBerry Live


BlackBerry menghelat event besar bernama BlackBerry Live di Orlando, Amerika Serikat, pada 14 Mei hingga 16 Mei di Orlando, Amerika Serikat, kemarin. Belum juga dimulai, pesta ini dirusak oleh layanan BlackBerry Messenger (BBM) yang down.


BlackBerry Live sendiri merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan. Di sini developer, mitra BlackBerry dan penggiat IT berkumpul menyaksikan informasi terbaru dari BlackBerry.


Ini tentu saja menjadi noda bagi BlackBerry -- yang sebelumnya bernama Research In Motion -- karena sejumlah pengguna BBM, tidak hanya di Indonesia, bahkan di beberapa negara Asia Pasifik, tak bisa terhubung.


7. BlackBerry Messenger Down se-Asia Pasifik


Tumbangnya layanan BlackBerry Messenger menarik banyak pengguna gadget pada minggu lalu. Tak terkecuali pengguna di Indonesia.


Dalam penelusuran detikINET melalui blog CrackBerry, ternyata pengguna yang tidak bisa menggunakan layanan BBM juga terjadi di sejumlah negara Asia Pasifik.


Menurut forum yang dibahas di CrackBerry, beberapa negara yang mengalami layanan down di BBM adalah, Indonesia, Australia, Hong Kong, Thailand, India, Filipina, Singapura, Vietnam dan Malaysia.


8. Q5, BlackBerry 10 Manis Versi Ekonomis


Terungkap sudah handset terbaru yang menjadi seri ketiga dari keluarga BlackBerry 10. Setelah Z10 dan Q10, bukan R10 yang diperkenalkan, melainkan seri Q5 yang tampil cukup manis dengan pilihan warna modis namun tetap ekonomis. Seberapa murah?


Pertanyaan soal harga biasanya tak akan mau dijawab oleh pihak BlackBerry sampai sebuah produk yang disiapkan benar-benar sudah mendapat kepastian untuk dikomersialkan ke pasar negara yang dituju.


"Q5 akan menyasar segmen emerging market. Mari kita tunggu saja kehadirannya musim panas ini," kata Thorsten Heins, CEO BlackBerry dengan jawaban yang masih 'menggantung' saat ditanya oleh para awak media yang hadir di acara BlackBerry Live 2013 di Orlando, termasuk detikINET.


Lalu berapa harga yang akan dibanderol dan bagaimana kemampuan dari Q5? detikINET yang berkesempatan untuk menjajal langsung perangkat itu akan memberikan review singkat berikut ini.


9. Samsung Galaxy S4: Android Bertenaga yang Serba Ada


Galaxy S4 datang dengan ekpektasi sangat tinggi. 'Sang kakak', Galaxy S III, telah menjadi primadona di industri smartphone tahun lalu. Sehingga apa yang bisa ditawarkan Samsung di Galaxy S4 menjadi perhatian luas dari para pecinta teknologi.


Dan sayangnya, para rival kali ini datang dengan kekuatan penuh, di mana mereka meluncurkan handset flagship yang hebat luar dalam. Sebut saja Sony Xperia Z, HTC One atau LG Optimus G Pro. Masih ada lagi nama lain di luar jagat Android yang layak diperhitungkan, seperti iPhone 5, Nokia Lumia 920 atau BlackBerry Z10.


Alhasil, Galaxy S4 menanggung beban berat. Harus lebih hebat dari pendahulunya yang mencetak sukses besar dan harus lebih baik dari para rivalnya yang punya kemampuan tinggi.


Jadi mampukah Galaxy S4 memenuhi ekpektasi besar yang dibebankan padanya, ataukah ia tenggelam di tengah kepungan pesaingnya yang tangguh? Untuk menemukan jawabannya, simak hasil review lengkap Galaxy S4 oleh detikINET berikut ini.


10. Kontroversi Google Glass, Intip Lawan Jenis Sampai Pornografi


Kacamata pintar Google Glass mulai dilepas secara luas dan dicoba developer. Rencananya, kacamata tersebut akan dipasarkan massal tahun 2014.


Dengan kemampuan rekam foto dan video, dibekali memori internal sampai mengakses internet, kacamata ini memang canggih. Dan karena digunakan seperti layaknya kacamata biasa, mungkin tidak banyak yang tahu kecanggihannya.


Sayang, kehadiran Google Glass juga diiringi dengan sejumlah kontroversi.


(ash/ash)