Kebanyakan Pengguna Android Pakai Ponsel Jadul

Jakarta - Tak bisa dipungkiri, Android adalah sistem operasi yang saat ini tengah menguasai pasar. Berbekal platform open source, Android bisa dipasangkan ke berbagai handset.

Seperti di negara lainnya, di Amerika Serikat, Android juga menguasai market share bersama dengan iOS milik Apple. Sampai akhirnya ada pertanyaan menarik, ponsel Android berjenis apa yang paling banyak digunakan oleh warga di Negeri Paman Sam?


Menurut data HandsetDetection.com, ada 3.500 tipe device yang menjalankan Android di Amerika Serikat. Dan handset yang paling banyak digunakan adalah milik Samsung.


Tapi sayangnya bukan Samsung Galaxy S5 atau bahkan S4 yang menjadi primadona bagi pengguna Android di AS. Melainkan Galaxy S III yang notabene sudah diluncurkan dua tahun lalu.


Seperti dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (24/6/2014), Galaxy S III menguasai 13% pengguna Android sampai saat ini. Uniknya, pengguna terbanyak selanjutnya justru smartphone dengan umur yang sudah tidak muda lagi.


Beberapa di antaranya adalah Motorola Droid Razr dan Samsung Galaxy S II yang masih digunakan setidaknya 5% dari pengguna handset Android di AS.


Ini bisa diartikan bahwa upgrade smartphone di antara pengguna Android tergolong lambat dengan rata-rata dua tahun.


(ash/tyo)