Android: Lebih Membumi, Makin Mumpuni

Jakarta - Sebelum kick off Google I/O 2014, Vice President of Chrome, Google Apps and Android Sundar Pichai duduk bersama jurnalis dalam sebuah wawancara. Salah satu yang dia bicarakan adalah persaingan Android dengan iOS.

Pria India ini berbicara tenang tanpa mengumpat atau meledak-ledak mengenai perseteruan di antara kedua perusahaan tersebut. Di awal pernyataannya, dia memang menyebut Android diadopsi lebih cepat dari iOS, namun keduanya tidak bisa dibandingkan secara langsung.


Pichai menganalogikan iOS sebagai mobil mewah Mercedes-Benz, yang perlu kehati-hatian dalam membuatnya. Berbeda dengan Android, dengan rendah hati dia menyebutnya sebagai Honda Civic.


"Mereka membuat produk bagus dengan sistem secara vertikal. Hal yang berbeda dengan apa yang kami lakukan, kami melayani pasar secara luas," tutur Pichai.


Pernyataan humble tapi sedikit menyindir itu tentu saja bukan sekedar omongan biasa. Android berbeda dengan iOS, Google membuat segala sesuatunya secara terbuka. Sedangkan Apple, membuat segala sesuatunya harus berada dalam 'jalan mereka' dan lebih tertutup.


Lebih dari itu, pernyataan Pichai sebetulnya adalah sebuah kata kunci untuk pertemuaan tahunan para pengembang di Google I/O 2014, di San Francisco. Melayani pasar secara luas, yang sama saja berarti seperti Android is Everywhere.


Android ada di mana saja. Demikian kalimat yang pas menggambarkan keadaan sistem operasi itu saat ini, yang diperkuat dengan sejumlah pengumuman penting di Google I/O.Next


(tyo/rou)