Android One, Smartphone Murah untuk Indonesia dkk

Jakarta - Negara berkembang seperti Indonesia, ternyata menjadi pasar yang penting bagi Google. Hal ini terlihat saat raksasa internet ini mengumumkan Android One, platform khusus untuk smartphone murah.

Android One ini sebetulnya adalah patokan model bagi rekanan Google untuk membuat smartphone maksimal namun dengan spesifikasi minimal. Dengan begitu, harga yang ditawarkan pun bisa ditekan serendah mungkin.


Seperti dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (26/6/2014), di atang panggung Google I/0 dipamerkan salah satu smarphone besutan vendor asal asia, Micromax. Perangkat ini mengusung layar 4,5 inch, dual Sim dan slot card dengan harga kurang dari USD 100 atau Rp 1 jutaan.


Perbedaan Android One dengan Android biasa memang tidak terlalu mencolok. Namun, di platform ini diambil dari Google Stock dan rekanannya diminta untuk menambahkan aplikais sendiri.


India adalah salah satu negara pertama yang akan memulai menjual Android One pada kuartal ketiga tahun 2014. Beberapa vendor, seperti Karbonn, Cromax dan Spice ikut meramaikan Android One ini.


(tyo/tyo)