Saat Tunanetra Beraksi dengan Andromax i3

Jakarta - Kecanggihan gadget Android tentu ingin dicicipi oleh semua orang. Termasuk bagi saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus, seperti penyandang tunanetra.

Namun jangan khawatir, kecanggihan teknologi saat ini sudah berlimpah dan memudahkan pengguna yang berkebutuhan khusus. Caranya pun mudah, jadi bisa langsung diaplikasikan di rumah.


Hal ini ditunjukkan Riko dari Kartunet Karya Tunanetra yang beraksi dengan Smartfren Andromax i3 serta aplikasi pembaca layar TalkBack.


Seraya ingin menunjukkan kepada dunia jika tunanetra juga bisa menikmati smartphone Android yang sedang hype, Riko memposting video ini di YouTube. Jadi bagi mereka yang memiliki kekurangan serupa bisa menjajalnya.


Di awal video, Riko terlebih dahulu menjelaskan perangkat yang digunakannya, yakni Andromax i3 beserta spesifikasi singkatnya.


Video tutorial ini kemudian menjelaskan soal bagaimana mengaktifkan aplikasi TalkBack di bagian setting. Pilih Accessibility dan diaktifkan. "Jangan lupa juga mengaktifkan fitur explore by touch," lanjut Riko.


Pemuda ini kemudian menjelaskan, untuk mengeksplorasi fitur di layar, pengguna tinggal menyentuhnya. Setelah itu, suara si asisten pembaca layar kemudian akan mendikte fitur apa yang tengah dipilih pengguna. Next


(ash/rns)