Membangun Personal Cloud

Jakarta - Untuk kemudahan dalam mengakses data dengan tingkat keamanan yang tinggi, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk membangun serta menggunakan personal cloud milik sendiri.

Apakah Anda menyadari bahwa saat ini, hampir seluruh aktifitas digital kita tidak lepas dari teknologi cloud? Seluruh email Anda dan bahkan foto-foto pribadi, yang disimpan di dalam Facebook maupun Instagram, berada di cloud.


Tidak hanya itu, bentuk lainnya dari cloud adalah ketika perusahaan tempat Anda bekerja menghubungkan seluruh perangkat komputer karyawannya dengan sebuah server untuk dapat berbagi-pakai dokumen.


Pada intinya, teknologi cloud membuat data-data yang tersimpan di dalamnya dapat diakses oleh sejumlah orang secara wireless di manapun mereka berada.


Komputasi cloud dapat diterapkan dalam skala kecil hingga skala besar. Faktanya, Anda bahkan bisa membangun private cloud sendiri. Menurut Gartner Research, personal cloud akan menggantikan personal computer (PC) di tahun 2014. Semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile seperti smartphone atau komputer tablet, maka semakin banyak pula orang yang mencari cara untuk dapat mengakses data-data mereka dimanapun dan kapanpun.


Data-data Anda tidak akan hanya terkurung di laptop, dengan menggunakan cloud Anda dapat dengan mudah mengakses file tesebut di manapun dan kapanpun.


Personal Cloud vs Private CloudNext


(ash/ash)