Android Resmi Merambah Sistem Mobil

Jakarta - Sistem operasi Android kini tak lagi hanya dapat digunakan di perangkat mobile, karena kini si 'Robot Hijau' secara resmi mulai merambah ke kendaraan roda empat alias mobil.

Seperti yang sudah banyak sejak Google mengumumkan Open Automotive Alliance, Android Auto--nama yang disematkan--merupakan langkah selanjutnya dari konsorsium tesebut.


Datang di atas panggung, Direktur Teknik Android Patrick Brady menjelaskan bahwa beberapa fungsi dasar dari Android Auto ini adalah mampu diperintah untuk memutar musik, mengecek lalu lintas, dan menjadi penunjuk arah jalan.


Seperti dikutip detikINET dari Mashable, Rabu (26/6/2014), Android Auto dapat berfungsi setelah dihubungkan dengan device. Secara keseluruhan, aplikasi ini mempunyai tampilan seperti Google Now.


Tidak hanya tampilan, perintah suara juga dibenamkan di Android Auto. Sehingga nantinya, pengguna dapat memerintah seperti memutar musik, mengecek agenda, mencarikan petunjuk jalan dan sebagainya.


Mengirim SMS dengan perintah suara pun dapat dilakukan. Bahkan lebih kerennya lagi, hal tersebut dapat dilakukan tanpa harus keluar dari aplikasi Google--dalam keadaan diigunakan sekalipun.


Google mengklaim telah ada 40 partner baru yang bergabung di OAA. Mobil pertama yang menggunakan Android Auto akan bersiap mengaspal pada akhir tahun ini.


(tyo/tyo)