Sundar Pichai, India Jenius yang Mengendalikan Android

Jakarta - Pichai Sundararajan, atau lebih banyak dikenal dengan nama Sundar Pichai, adalah sosok penting di perusahaan teknologi raksasa, Google. Saat ini, dia menjabat sebagai Senior Vice President of Chrome, Google Apps and Android.

Menjabat posisi tinggi tersebut, Sundar jelas bukan orang sembarangan. Ia menggantikan posisi Andy Rubin, pencipta Android sendiri. Seperti apa kisah hidupnya sampai bisa menduduki posisi top di Google sebagai bos besar divisi Android?


Tempat kelahiran Sundar jauh dari Amerika Serikat. Ya, sudah bisa ditebak dari namanya, Sundar Pichai adalah orang India. Dia dilahirkan di selatan kota Chennai, India, pada 42 tahun yang lalu. Ayahnya bekerja di konglomerasi Inggris, General Electric Company. Tapi gajinya kecil.


"Aku sering bicara padanya soal pekerjaanku dan tantangannya. Bahkan saat masih berusia muda, dia sudah ingin tahu soal pekerjaanku. Kupikir, hal itu membuatnya tertarik pada teknologi," kata sang ayah, Regunatha Pichai.


Sundar tumbuh besar di apartemen dua kamar bersama orang tua dan saudara laki-lakinya. Otaknya cemerlang sejak kecil. Ia berhasil masuk ke universitas bergengsi India, Indian Institute of Technology Kharagpur mengambil jurusan metalurgi. Sundar lulus tahun 1993 dengan nilai tinggi dan berhasil mendapatkan beasiswa S2 dari Stanford University.


Untuk ongkos ke Amerika Serikat, sang ayah rela menguras semua tabungannya. "Mereka memang melakukan banyak pengorbanan untuk memastikan anak-anaknya punya pendidikan yang baik," kenang Sundar.


Sundar berhasil meraih gelar M.S dari Stanford University dan gelar MBA dari University of Pennsylvania. Saat masa kuliah, dia pacaran dengan wanita bernama Anjali yang kini menjadi istrinya.Next


(fyk/fyk)