Gesek Kartu Kredit via Smartphone Resmi Diterapkan

Jakarta - Pertengah bulan April, Telkomsel memamerkan layanan Mobile Point-of-Sales (m-Pos), fitur yang memungkinkan pengguna smartphone menggesekan kartu debit dan kartu kredit di perangkatnya. Kini layanan tersebut sudah diterapkan.

Adalah Equity Life Indonesia yang menjadi pengguna pertama produk hasil kerjasama antara Telkomsel dengan pihak Bank Nasional Indonesia (BNI). Dengan demikian BNI m-Pos kini bisa dinikmati oleh masyarakat.


"BNI m-Pos merupakan platform yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan kartu debit ber-chip. Pengguna tinggal menggesekan kartunya di smartphone milik merchant," kata General Manager Product Management Division Consumer & Retail Banking BNI Dodit Wiweko Probojakti, di Jakarta.


Untuk menggunakannya cukup mudah dan aman. Karena konsumen dapat menggesekannya melalui alat dongle kartu pembayaran yang dihubungkan ke smartphone dan sudah terinstall aplikasi BNI.


"Dengan BNI m-POS, transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan aman, karena BNI m-POS merupakan perangkat EDC (Electronic Data Capture) berbasis 3G/wifi yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan yang memiliki smpartphone. Mengingat saat ini akselerasi peningkatan penggunaan smartphone di Indonesia yang sangat tinggi," ujarnya.


Penggunaan platform pembayaran terbaru ini menjadikan BNI sebagai bank pertama di Indonesia yang mengaplikasikan m-Pos. Indonesia menjadi negara ketiga di antara negara-negara anggota ASEAN yang menerapkan sistem pembayaran tersebut setelah Thailand dan Filipina.


Sementara itu Vice President Payment and Banking Telkomsel Raden Andi Kartiko Utomo mengatakan Kehadiran produk BNI m-Pos ini merupakan sesuatu yang sangat menggembirakan bagi konsumen di Indonesia, khususnya bagi mereka yang melakukan transaksi melalui ponsel.Next


(tyo/ash)