Ini Alasan Banyak Aplikasi Gratis di Android

Jakarta - Tak dipungkiri lagi jika toko aplikasi Android, Google Play Store, menawarkan lebih banyak aplikasi gratisan dibanding toko aplikasi lain, semisal Apple App Store atau toko aplikasi Windows Phone.

Google memang punya cara berbeda dalam mengembangkan toko aplikasi untuk Android. Aplikasi di dalamnya diusahakan bisa gratis diunduh, namun tetap menjanjikan keuntungan bagi para pembuatnya. Bisa lewat iklan atau konten berbayar di dalam aplikasi.


Menurut lembaga riset App Anie, cara tersebut sukses membuat Google meraih untung besar. Kini 98% pendapatan Google dari Play Store justru didapat dari aplikasi gratisan, bukan yang berbayar.


Laporan yang dikutip detikINET, Rabu (25/6/2014), itu juga menyingung soal pertumbuhan aplikasi di Google Play yang paling cepat dibanding pesaingnya.


Dalam 6 bulan terakhir saja di sana sudah ada 200 ribu aplikasi baru, dengan total jumlah aplikasi mencapai 1,5 juta. Bandingkan dengan toko aplikasi Microsoft untuk Windows Phone yang baru punya 250 aplikasi sejak pertama kali berdiri.


Lebih rinci lagi laporan tersebut juga menuliskan bahwa kategori game masih menjadi penyumbang pendapatan terbesar dari seluruh aplikasi. Sayang, tak disinggung berapa besar pemasukan yang didapat Google dari Play Store.


(eno/ash)