Bos Android: iOS Seperti Mercedes-Benz

Jakarta - Ada angin sejuk berhembus dari perseteruan antara Apple dengan Google yang seolah tak pernah berujung. Ini setelah salah satu petinggi di raksasa internet itu melemparkan pujian ke iOS, sistem operasi mobile buataan Apple.

Lontaran semacam pujian ini keluar dari mulut seorang Head of Android Sundar Pichai. Dia mengatakan, bahwa adopsi Android di pasaran memang cepat bila dibandingkan dengan iOS. Namun, hal tersebut lantas tak bisa membuat antara iOS dan Android diadu secara langsung.


Pichai dengan lugas mengatakan bahwa iOS itu seperti mobil USD 100 ribu Mercedes-Benz yang pasarnya berbeda dengan Android yang digambarkan eperti Honda Civic.


"Anda tentu harus berhati-hati dalam membuat mobil USD 100 ribu seperti Mercedes. Ini berbeda dengan kami, yang melayani seluruh pasar secara global," tukas Pichai dalam wawancaranya dengan Bloomberg, dan dikutip detikINET, Rabu (25/6/2014).


Tentu saja, Pichai memahami persaingan antara Google dan Apple. Namun dia dengan tegas mengatakan bahwa ambisi keduanya berbeda. Ini seperti dua pemerintahan dengan sistem yang berbeda.


"Mereka (Apple) membuat produk bagus dengan sistem secara vertical, hal yang berbeda dengan apa yang kami lakukan. Aku pikir ini seperti dua tipe pemerintahan yang berbeda," tandasnya.


Apa yang dikatakan Pichai sebelum pertemuan para pengembang Google I/O berbanding terbalik dengan dikatakan CEO Apple Tim Cook pad acara sejenis, Worldwide Developer Conference (WWDC) 2014.


CEO Apple Tim Cook juga menyindir Android dengan mengatakan ada 130 juta pengguna baru platformnya.


Cook menggambarkan para pengguna baru ini, 'mereka yang mencari kehidupan lebih baik'. Ungkapan ini secara langsung ditujukan pada Android.


"Mereka membeli ponsel Android, karena sebuah kesalahan. Kemudian mereka mencari pengalaman yang lebih baik, kehidupan lebih baik. Dan mereka memutuskan mencoba iPhone dan iOS," sebut Tim Cook. (tyo/eno)